Bahasa a la diri sendiri

Lebaran jaga kampung, cerita kali ini bukan karna liburan bukan karna dapet jodoh bukan karna sekolah.. (kasian amat)

Tradisi lebaran lah, silaturahmi ke tetangga, sodara dekat yang ngga jauh jauh amat ato ke guru alim ulama. From that occasion, I impressed by my own language specifically local language indeed. sebenernya bukan karna bahasa nya juga sih tapi karna penggunanya dan cara menggunakannya.

Bener kata ayah, di situasi seperti ini (silaturahmi) ada bahasa yg lebih susah dari bahasa indonesia dan lebih gampang dari bahasa inggris >> bahasa jawa dengan macam vocabulary daerah *apasih*

Hari pertama ke guru ayah, abah Ma'ruf namanya. Kalo kunjungan kerumah beliau special nya bakal denger cerita pengalaman macam apapun, mulai dari kian santang, gunung salak, batu akik, nyantri, haji. Nggak ada habis nya lah tapi menarik untuk di simak. Beliau ketika menggunakan bahasa tipe nya tersirat untuk menyampaikan sebuah pesan. Kadang kala sih juga tersurat tapi hemat ku cuma pola seperti itu untuk memberi penegasan atas sesuatu. Level kesulitannya adalah bukan karena vocabulary jawa nya tapi karna nungguin beliau mengucapkan kata perkata nya, jeda terlalu lama but worth to listen haha soalnya kalo nggak di dengerin lengkap ngga dapet pesennya..
haha bener bener melumpuhkan kemampuan berbahasa karna mikir keras nya dobel dari pada ngerjain tes toefl atau tes bahasa lainnya

Kedua, ketika di kunjungi saudara namanya Siti. Beliau ini orang desa yg tidak mengikuti jaman yang penting bahagia taraf sederhana di dunia, just like bisa makan punya rumah, duit ada dan tau jalan kalo kemana mana. Beliau ini punya pengertian dan pemikiran sendiri.Makanya ketika aku menyimak pembicaraan kadang harus mikir ekstra yg kita kalo nanya ini jawabnya ini cuman ya nyambung juga kalo ditelaah dan tautannya itu jauh banget ato kalo nggak kita sendiri yang bikin kesimpulan. Lagi lagi kayak bahasa indonesia dan bahasa jawa ku lagi diuji.

Jadi kalo di tanya standard berbahasa lihat target yang kita ajak komunikasi baru bisa diputuskan standard seperti apa, whether loosen or tighten. What language!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The World of Ghibli Jakarta - Exhibition

Shiina ringo - 青春の瞬き

3D Show by 3 (provider) entitled 3030